Jawa Barat Wisata Garut

Wisata Situ Bagendit Yang Begitu Indah

situ+bagendit+ok

Setelah kemarin kita berkunjung ke Garut Selatan, mungkin Anda menginginkan berlibur ketempat yang indah dan alami seperti sebuah danau, cobalah untuk berkunjung ke Garut, karena disana terdapat sebuah tempat yang anda inginkan, yap Situ Bagendit adalah tempat yang saya maksud. Situ Bagendit merupakan sebuah situ (bahasa sunda) yang berarti danau, Danau ini terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Danau ini sangat indah dan alami dan sudah menjadi primadona wista di kota penghasil dodol ini. Selain sangat indah, didanau ini terdapat sebuah cerita rakyat yang melegenda yang sudah ada sejak lama, ya Cerita Rakyat Situ Bagendit.

situ-bagendit

Situ Bagendit mempunyai kisah legenda tersendiri. Menurut Legenda atau cerita rakyat , zaman dahulu kala hidup seorang wanita kaya raya namun kikir bernama nyai Endit . Nyai Endit dikenal amat kikir dan jahat terutama ke orang miskin, sampai satu ketika saat dia mengadakan pesta muncul seorang kakek yang terlihat miskin meminta makanan. Karena kekikirannya, nyai Endit tidak memberikan apapun pada kakek tersebut hingga akhirnya kakek itupun pergi.

Besok harinya, masyarakat daerah tersebut geger karena adanya sebatang lidi yang menancap di jalan desa tapi tidak ada seorangpun yang sanggup mencabutnya . Sampai akhirnya sang kakek muncul kembali dan mencabut lidi tersebut. Dikisahkan bahwa dari bekas lubang lidi tersebut mengalir air yang semakin lama semakin deras hingga akhirnya menenggelamkan wilayah tersebut. Nya Endit karena cintanya pada harta tidak mau meninggalkan rumahnya dan akhirnya ikut tenggelam .

8642679810_d4525339c1_b

Kualitas lingkungan yang disitu ini cukup baik, dari segi kebersihan bangunan maupun ekosistem alamnya, dan sudah dikelola oleh Bapak Ajan Sobari sebagai pengawas dan penanggungjawab objek wisata Situ Bagendit. Dan status kepemilikan objek wisata ini masih dipegang oleh Pemerintah Daerah Garut. Tetapi untuk kewenangannya dilimpahkan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut.

Banyak aktifitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan yang datang, seperti berkeliling danau dengan perahu kecil atau sepeda air, ataupun jalan-jalan santai menikmati pemandangan alam sekitar danau. Fasilitas yang disediakan juga cukup banyak, antara lain persewaan rakit yang disediakan dalam jumlah 60 buah, yang dapat anda sewa dengan tarif Rp 25.000/15menit. Ada juga sepeda air berjumlah 11 buah yang disewakan Rp 10.000/15 menit. Kereta api mini yang menyusuri tepian danau, kolam renang untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Objek wisata danau Situ Bagendit dibuka untuk umum mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore waktu setempat. Untuk harga tiket masuk ke kawasan ini sangatlah murah meriah, yaitu Rp. 1.000/orang untuk dewasa dan Rp. 500/orang untuk anak-anak. Jarak kawasan wisata Situ Bagendit dari pusat kota Garut hanya sekitar 4 kilometer saja dan dapat dijangkau dengan beerbagai kendaraan. Jika anda menggunakan transportasi umum, maka anda bisa naik angkutan kota jurusan terminal Guntur – Banyuresmi dan akan lewat tepat di samping Situ Bagendit langsung. Alternatif lainnya adalah dengan menyewa andong atau delman .

You Might Also Like