Wisata Kebun Binatang Semarang

Kebun Binatang di Semarang adalah salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Semarang. Kebun binatang ini terletak di jl Urip Sumoharjo No. 1, menempati lahan seluas 10 Ha sehingga bisa menampung berbagai satwalangka dan satwa domestik yang bisa dinikmati pemandangannya oleh para pengunjung. Wisata kebun binatang bisa disebut sebagai wisata pendidikan karena diharapkan dengan mengunjungi kebun binatang maka pengunjung dapat mengenali hewan-hewan langka yang sudah susah ditemui dihabitatnya juga diharapkan pengunjung dapat timbul rasa memiliki terhadap keadaan satwa dan flora tersebut di alam sehingga bisa ikut menjaga. Sebenarnya musuh utama dari kelangkaan hewan dan flora ini adalah manusia karena tergeser habitatnya.

kebun binatang mangkang

Taman Margasatwa Bonbin Semarang merupakan kebun binatang yang berbasis konservasi, rekreasi dan edukasi. Tiga hal ini bisa terlihat dari koleksi hewan dan tumbuhan yang semakin banyak dan terawat di kebun binatang ini, tempat ini juga didukung fasilitas yang sesuai dengan keperluan konservasi, edukasi dan rekreasi. Koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini asalnya merupakan hasil konservasi dan hibah hewan langka dari masyarakat sekitar. Kebun binatang ini menerima hibah hewan langka karena kebun binatang berbasis konservasi adalah tempat terbaik bagi hewan langka baik secara penanganan maupun status legal dari kepemilikan hewan tersebut. Jadi selain hewan tersebut akan aman dan terawat dengan baik.

Kebun binatang Semarang dulunya bernama Taman Hiburan Rakyat yang telah berdiri pada tahun 1954. Ini merupakan program lanjutan dari Taman Hiburan Rakyat yang sebelumnya berada di Tegalwareg yang sekarang menjadi pusat kota Semarang dimana sekarang ini diperkirakan berada di areal Taman Rekreasi Wonderia. Kebun binatang ini dipindah dari tempat sebelumnya dikarenakan beberapa hal. Taman Hiburan Rakyat yang saat itu tergabung dengan Kebun Binatang terbukti mengganggu kesehatan hewan kebun binatang karena banyak yang stress akibat aktivitas hiburan rakyat, limbah kebun binatang juga dikhawatirkan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar, sehingga dipindah ke lokasi Taman Margasatwa Bonbin Semarang sekarang ini.