Semarang

Wisata Danau Rawa Pening Semarang

Danau Rawa Pening Semarang

Rawa Pening merupakan wisata yang mengunggulkan danau. Indonesia memang negara khatulistiwa dengan banyak kekayaan alam. Siapapun akan takjub apabila menyaksikan keindahan alam danau yang terletak di Semarang ini. Danau ini bisa dibilang sebagai salah satu danau alam besar di Indonesia. Luasnya mencapai 2.670 hektare, luar biasa sekali bukan. Danau ini mencakup empat wilayah kabupaten di Jawa Tengah, bisa dibayangkan genangan air yang luar biasa luas terbentang di tengah-tengah daratan. Beberapa gunung pun menjadi cakupan wilayah danau ini. Danau ini terbentuk karena dikelilingi oleh dataran tinggi disekitarnya. Lalu, apa yang menjadi daya tariknya? Tidak perlu khawatir, objek wisata alam selalu menyediakan lebih dari satu macam hiburan.

Menyesuaikan dengan kondisi tempat, mayoritas hiburan yang ada di Rawa Pening berhubungan dengan wisata air. Sudah bisa ditebak apa saja yang ada disana bukan? Perahu sudah dipastikan tersedia di tempat seperti ini. Dengan tarif yang terjangkau, para pengunjung dapat menikmati keindahan danau dari atas perahu. Lebih mengasyikkan untuk melihat danau sambil melintasinya ketimbang hanya melihat dari daratan saja. Apabila sedang beruntung, pengunjung dapat melihat para penduduk setempat yang sedang mencari ikan. Hal ini dapat menjadi pengalaman yang berharga, tidak bisa ditemukan di semua tempat. Warga sekitar kebanyakan menggunakan atau memancing untuk mendapatkan ikan. Benar-benar peristiwa menarik dan langka untuk disaksikan.

Selain perahu tradisional, pengunjung dapat melepaskan penat dengan menghabiskan waktu untuk memancing ikan. Danau memang tempat berbagai jenis ikan tawar hidup. Pemerintah setempat memperbolehkan wisatawan untuk memancing ikan di danau ini. Pada musim penghujan, ikan lebih banyak dijumpai. Lalu, jangan dibayangkan kalau danau ini hanya genangan air yang luas dengan ikan di dalamnya. Bagi yang belum pernah berkunjung, mungkin pendapat seperti ini yang muncul pertama kali. Sebenarnya, banyak tanaman enceng gondok yang menutupi permukaan danau ini. Bisa dibilang hutan terapung. Tanaman enceng gondok ini juga menjadi sumber pendapatan warga sekitar. Warga disekitar Rawa Pening memanfaatkannya untuk membuat kerajinan tangan.

You Might Also Like