Tugu Monumen Nasional (Monas)

jakarta merupakan sebuah Kota metropolitan pertama di indonesia, dan juga merupakan ibukota bagi negara kita tercinta. Dibalik kesibukan tersebut warga atau masyarakatnya sering mencari sesuatu tempat liburan hanya untuk melepas penat dari kesibukan kota. Salah satu tempat liburan yang paling banyak dikunjungi ialah Tugu Monumen Nasional atau yang orang kenal sebagai Tugu Monas.

Tugu yang terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini, didirikan pada tanggal 12 Juli 1975 sebagai monumen peringatan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Tempat wisata yang memiliki ketinggian sekitar 115 meter ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Kita bisa naik puncak tugu dengan menaiki tangga yang ada di tengah ruangan lantai dasar Monas. Tangga itu menuju pelataran cawan. Dari situ kita tinggal berjalan sedikit memutar ke arah kiri sebelum akhirnya menemukan lift yang dimaksud. Sekali jalan, lift dapat menampung maksimal 11 orang. Walaupun lelah namun setelah sampai diatas kita dapat menyaksikan panorama Jakarta dan sejumlah bangunan yang melingkari kawasan Monas. Beberapa diantaranya yakni Masjid Istiqlal, Gereja Cathedral, Mahkamah Konstitusi, dan Istana Merdeka.

Dipuncak tugu terdapat empat buah teropong yang bisa digunakan oleh pengunjung. Untuk mengaktifkannya, kita perlu membeli koin seharga Rp 2.000 per buah yang dijual di lokasi. Namun sayangnya, kenikmatan di puncak ikon ibu kota ini tidak bisa dinikmati saat matahari terbenam. Untuk tiket masuk ke kawasan ini adalah sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak, Rp 3.000 untuk mahasiswa, dan Rp 5.000 untuk dewasa. Dan untuk mencapai puncak biaya yang dikenakan sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak, Rp 5.000 untuk mahasiswa, dan Rp 10.000 untuk dewasa.