Browsing Category

Jawa Timur

Jawa Timur

Gunung Raung Jawa Timur Setelah Meletus

Gunung Raung

Gunung Raung masih tetap siaga. Tetapi ada saja traveler yang pernah lihat kawahnya pasca letusan yang pertama. Seperti apa bentuk kawahnya?

Gunung Raung yang terdapat di 3 Kabupaten Jawa Timur, Banyuwangi, Jember, serta Bondowoso beberapa waktu terakhir meraung sangatlah dahsyat. Efek letusannya bahkan juga bikin pusing dunia penerbangan.

Gunung Raung

Terdaftar 7 bandara yakni Bandara Juanda Surabaya, Bandara Abdurrahman Saleh Malang, Bandara Notohadinegoro Jember, Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Lombok, serta Bandara Selaparang Lombok ditutup lantaran abu vulkanik meraih langit bandara serta mengganggu jarak pandang. Ada beberapa ratus jadwal penerbangan yang sangat terpaksa dibatalkan. Sedang beberapa ribu calon penumpang pesawat mesti terlantar.

Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3. 344 mdpl ini memiliki jenis letusan strombolian yaitu letusan kecil yang berjalan dengan cara terus-menerus. Tetapi lava pijar yang dimuntahan kawah Raung masih tetap tertampung di seputar kaldera. Belum hingga ke step meluber ke lokasi pemukiman masyarakat.

Menurut Arif Wijaya, Pendiri RASventure, topografi kaldera gunung Raung yang melingkari kawah memiliki titik lemah di samping kiri Puncak Sejati. Tepatnya di samping kiri Puncak Tusuk Gigi.

Bila dinding kaldera yang berdekatan dengan Puncak Tusuk Gigi ini tak dapat menahan beban material lava pijar yang keluar terus-terusan dari kawah jadi telah dapat di pastikan dindingnya jebol. Dinding kaldera samping kiri ini memiliki celah lebih pendek dibanding dengan dinding kaldera di segi lain yang melingkari kawah. Bila jebol lahar dapat meluber ke pemukiman masyarakat di lereng gunung yang masuk lokasi Jember.

” Saya telah kerap mengantarkan tamu sampai ke puncak sejati. Bahkan juga saat sebelum Raung meletus saya pernah turun ke kawahnya. Dinding kaldera samping kiri Puncak Sejati riskan jebol bila lahar makin penuhi kaldera “, tutur Arif Wijaya.

Keadaan terbaru kesibukan kawah gunung raung dipandang dari puncak sejati lava pijar muntah seperti kembang api. Tetapi masih juga dalam keadaan lumrah lantaran lava belum hingga penuhi ruangan kosong di seputar kaldera.

” Hari Jumat (10/7) saya mendaki Raung hingga di puncak sejati jam 15. 30 WIB. Sesudah membangun tenda, saya lihat ke arah kawah serta keluar kepulan asap hitam dari bibirnya. Dentuman menggelegar terdengar silih bertukar. Saya pada akhirnya pilih masuk didalam tenda mengharapkan hingga besok pagi tidak berlangsung apa-apa “, tutur pria yang juga hoby main basket ini.

” Jam 19. 30 WIB saya lihat langit jelas benderang. Lalu saya buka pintu tenda. Masyaallah. Nyatanya sumber sinar jelas tadi yaitu lava pijar yang keluar seperti kembang api dari dalam kawah. Saat itu juga saya segera membereskan tenda serta lari secepatnya menjauhi bibir kawah “, imbuhnya lagi.

” Namun disaat cemas seperti itu saya masih tetap pernah mengambil gambar serta video dari Puncak Sejati “, cetusnya.

Saat ini Gunung Raung tetap masih meraung serta keluarkan asap hitam dari perutnya. Hingga kapan? Entahlah. Yang pasti kita mengharapkan tak ada korban bila Raung betul-betul meletus besar.

Pasar Bandeng Di Gresik
Jawa Timur

Wisata Pasar Bandeng Di Gresik Jawa Timur

Pasar bandeng, suatu perayaan rakyat yang mengakar dalam relung jiwa beberapa orang Gresik, Jawa Timur, selalu jalan melewati saat, tidak lekang oleh pergantian zaman. Dikaji hingga dekade 70-an, momen kultural yang konon dirintis oleh beberapa pengikut Raden Paku dengan…