Sambut Gerhana Matahari Mentawai Gelar Atraksi Budaya

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan atraksi budaya menyongsong serta menyemarakkan fenomena alam gerhana matahari keseluruhan pada 9 Maret 2016.

Menurut Kementerian Pariwisata gempa di Mentawai yang berlangsung pada Rabu (3/3/2016), tak membatalkan atraksi budaya itu.

” Tak, semuanya jalan sesuai sama gagasan. Festival Mentawai tetaplah di gelar sesuai sama gagasan, ” ungkap Raseno Arya, Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal yang asli Padang, Sumbar itu, seperti termuat dalam siaran pers yang di terima KompasTravel.

Terlebih dulu Dinas Pariwisata Mentawai berencana bakal mengadakan pertunjukan kesenian, kuliner, permainan tradisional, serta doa berbarengan lintas agama saat malam sebelumnya gerhana.

” Semua aktivitas untuk menyongsong gerhana matahari keseluruhan bakal dipusatkan di Desa Silabu, Pulau Pagai Utara, satu hari sebelumnya gerhana kami bakal menghadirkan beragam atraksi budaya khas Mentawai, ” Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda serta Berolahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mentawai, Desti Seminora di Tuapejat pada Pada, Senin (29/1/2016).

Ia menerangkan, aktivitas yang bertopik ” Mentawai Keseluruhan Solar Eclipse 2016 ” itu adalah satu diantara rangkaian aktivitas menyongsong festival pesona Mentawai yang bakal di gelar pada 19 hingga 21 April 2016.

Desti memberikan, terkecuali mengadakan beragam aktivitas menyongsong GMT 2016 itu, pihaknya akan membagikan kacamata serta lakukan sosialisasi mengenai fenomena gerhana matahari pada orang-orang.

” Terkecuali penilaian gerhana, aktivitas itu juga berisi tampilan seni, kuliner tradisional, kembang api serta beribadah lintas agama, ” tuturnya.