Jawa Barat Wisata Garut

Rancabuaya, Pantai Indah Di Garut Selatan

Pantai-Rancabuaya

Pantai Ranca Buaya merupakan sebuah tempat wisata bahari yang berada di Desa Purbayani Kec. Carigin, Kab Garut Selatan, Jawa Barat. Pantai ini kurang cocok untuk beraktifitas berenang, karena Pantai Ranca Buaya terkenal cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, dan juga dasar tepi pantai berstruktur bebatuan karang yang cukup besar.

Meskipun begitu, Terdapat suatu keistimewaan yang membuat pantai ini banyak di kunjungi yaitu terdapat air terjun tercurah langsung dari tebing batu tinggi. Disebut curug karna langsung menghadap arah pantai. terdapat jenis hewan laut yang bisa ditemui di sekitar curug seperti kerang, kepiting laut, bintang laut yang terbawa oleh ombak. Selain itu pantai ini juga sering disebut pantai pelabuhan, dan para wisatawan dapat membeli ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan setempat. Ikan-ikan yang tentu masih segar dapat dinikmati bersama keluarga. Dengan dibakar di tepian pantai sambil menikmati suasana pantai yang indah.

Pantai ini kurang begitu populer dan dikenal oleh masyarakat luar karena kurangnya Pemerintah Daerah dalam melakukan promosi ke berbagai media. Status hak milik tanah di area pantai 70% milik warga, kemudian sisanya tanah milik desa, dan dikelola oleh tim Kompepar ( Kelompok Penggerak Pariwisata ) yang di bentuk oleh warga masyarakat setempat hingga saat ini. Jalur masuk yang bisa di akses untuk menuju lokasi ini cukup nyaman di tempuh dengan kendaraan, Jalan yang lebar dengan aspal yang mulus menjadi salah satu faktor utama suatu tempat wisata dapat dikembangkan potensinya.

You Might Also Like