Pantai Air Manis, Saksi Bisu Legenda Malin Kundang

Setelah tadi kita membahas mengenai Danau Maninjau, kini kita beralih ke bagian barat dari kota padang. Pantai Pantai Air Manis, merupakan sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Teluk Kabung, Kabupaten Padang, Sumatera Barat atau berjarak sekitar lima belas kilometer dari pusat kota Padang. Pantai ini memiliki keindahan panorama pantai yang indah ditambah ombak lautnya yang tidak terlalu tinggi menjadikan pantai ini sebagai obyek wisata paling populer bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Objek-Wisata-Pantai-Air-Manis-Padang-93

Salah satu keunikan dari pantai ini ialah terdapat sebuah batu yang bentuknya bak orang sedang bersujud. Yups, Batu Malin Kundang yang saya maksud, adalah tokoh dari legenda rakyat sumatera barat, yang konon dia dikutuk menjadi batu karena dia durhaka oleh ibunya. Semua batu yang ada disekitar Batu malin kundang ini konon merupakan kapal mewah yang iktu terkutuk. Berdasarkan cerita, Malin Kundang dikutuk oleh ibunya karena menolak untuk mengakui ibunya setelah bepergian ke daerah lain dan menjadi kaya.

Tidak jauh dari lokasi Batu Malin Kundang terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Pisang Kecil yang memiliki luas satu hektar. Jaraknya yang hanya sekitar 500 meter dari lokasi Batu Malin Kundang. Untuk dapat ke Pulau Pisang Kecil, pengunjung dapat menyewa perahu atau bisa juga dengan berjalan kaki. Namun jika anda ingin berjalan kaki saya sarankan untuk segera kembali ke pantai air manis sebelum pukul 16.00 WIB, dikarenakan biasanya air pasang sudah mulai naik. Dari Info Wisata yang kami kumpulkan, pantai ini sering digunakan oleh para wisatawan untuk berenang karena ombaknya yang rendah.

pulau-pisang-siangpadang

Selain berenang ataupun sekedar bersantai di tepi pantai, pengunjung juga dapat membeli souvenir khas berupa terumbu karang serta kerang dalam berbagai bentuk dengan harga sekitar Rp 5.000,- hingga Rp 50.000,-. Selain itu terdapat beberapa penginapan yang sebagian besar dikelola oleh masyarakat setempat dapat Anda temui di sini. Selain itu, rumah makan serta kios aneka souvenir juga tersedia di sini.

Pantai-Air-Manis-Padang

Pantai Air Manis hanya berjarak sekitar lima belas kilometer dari pusat kota Padang. Untuk menuju ke lokasi cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Rutenya dari pusat kota Padang, Anda bisa ambil jalan yang menuju ke Teluk Bayur. Dari sini, Anda bisa langsung menuju ke lokasi pantai. Bila menggunakan angkutan umum, maka dari pusat kota Padang Anda bisa menggunakan bus jurusan Padang-Bungus.