Padang Wisata

Objek Wisata Danau Maninjau

danau-maninjau

Mendengar Kota Padang mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran kita ialah Rendang atau Cerita Rakyat Legenda “Malin Kundang”. Kota yang memiliki julukan “kota tercinta” ini merupakan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera serta menjadi ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini selain terkenal karena Legenda Rakyatnya, juga terkenal dengan makanan khasnya yaitu Rendang dan tempat wisatanya. Nah berbicara mengenai tempat wisata kota padang memiliki banyak sekali tempat wisata salah satunya Danau Maninjau. Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, atau sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

pesonabiruhijauManinjaudibidikdaritikunganindahkelok44Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), yang terletak di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Danau yang memiliki Luas sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter ini menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan. Danau ini juga tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Dan jika dilihat dari provinsi Sumatera Barat Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km² yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Dari data wisata yang kami kumpulkan Danau ini adalah objek wisata yang paling dominan di Maninjau, karena danau ini memiliki keindahan yang khas. Danau Maninjau dikelilingi oleh perbukitan sehingga jika diperhatikan secara saksama maka akan terlihat seolah-olah danau tersebut berada dalam sebuah lingkaran. Hal ini seakan-akan membenarkan cerita yang terdapat dalam kisah Bujang Sambilan bahwa Danau Maninjau berasal dari kawah gunung berapi yang bernama Gunung Tinjau.

Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Sri Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Sri Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 km mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.

[easy_calendar resource=”242″ width=”100″ style=”2″ req=”1″ price=”0″]

[easy_form style=”none” submit=”Reservation successfully sent” subsubmit=”Please continue by paying through PayPal or enter your credit card details.” credit=”Reservation complete” subcredit=”You’ll receive an email with the reservations details” resourcename=”Room” price=”1″ pers=”1″ resource=”242″ multiple=”full” validate=”Reservation successfully verified” subvalidate=”Either make additional reservations or submit”]

You Might Also Like