Jurus Jitu Belanja Hemat dan Anti Ribet

Jurus Jitu Belanja Hemat dan Anti Ribet

Memiliki penghasilan sendiri membuat seseorang ingin membelanjakan uang untuk membeli berbagai macam barang yang sebelumnya hanya ada di angan-angan saja. Mulai dari makanan, pakaian hingga barang elektronik yang mahal harganya. Tetapi apabila tidak di atur dengan baik pengeluaran justru semakin bertambah banyak. Selain itu tidak dapat menyisihkan uang untuk kebutuhan yang mendesak. Bagi orang yang ingin menghemat pengeluaran sebaiknya mulai melakukannya sekarang.

Cara yang diterapkan mungkin agak ribet memulainya, tetapi lambat laun pasti mudah karena terbiasa. Adapun caranya adalah:

Jurus Jitu Belanja Hemat dan Anti Ribet

• Mencatat segala kebutuhan sehari-hari yang akan dibeli. Pencatatan tersebut dilakukan agar tau berapa banyak kebutuhan yang bersifat primer, sekunder dan tersier. Setelah itu pilih barang-barang yang sekiranya tidak terlalu penting untuk dikurangi dalam daftar belanjaan.
• Menetapkan waktu berbelanja untuk dilakukan secara rutin. Periode waktunya bisa dilakukan mingguan atau bulanan tergantung perkiraan habisnya kebutuhan sehari-hari dan waktu luang yang ada. Dengan menetapkan waktu belanja rutin maka diluar waktu itu tidak perlu mengeluarkan uang sehingga bisa lebih menghemat.
• Menetapkan anggaran untuk kebutuhan yang bersifat harian. Misalnya kebutuhan bahan bakar, makan dan uang tunai secukupnya untuk berjaga-jaga. Jadi setelah ditetapkan akan tau berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap harinya sehingga lebih bisa mengontrol untuk tidak membelanjakan uang diluar uang harian.
• Sebelum berbelanja mingguan atau bulanan, catat semua barang yang harus dibeli dan perkiraan harganya. Bawa jumlah uang sesuai dengan jumlah perkiraan harga daftar barang yang akan dibeli. Dengan demikian meski melihat barang yang diinginkan saat berbelanja, tetap dapat menahan untuk tidak membelinya.
• Ketika berbelanja juga lebih baik tidak membawa kartu kredit maupun debet sehingga godaan membeli sesuatu yang tidak perlu tetap dapat terkendali.
• Cara lainnya yang dapat diterapkan agar bisa menghemat saat berbelanja adalah tidak mengajak teman karena bisa saja saat berbelanja karena begitu menginginkan suatu barang akan meminjam uang teman. Atau bisa juga memanfaatkan keberadaan teman untuk mengingatkan apabila belanja melampaui jumlah yang dianggarkan.

Apabila cara-cara tersebut masih sulit diterapkan paling tidak mulai dengan membuat anggaran pada seluruh barang yang biasa dibeli. Anggaran tersebut ditulis untuk dilihat agar menjadi pengingat. Biasakan cara tersebut sehingga menjadi keseharian. Penghematan dalam berbelanja memang tidak serta merta dapat dilakukan sekaligus. Butuh dorongan dan proses untuk membiasakannya. Langkah-langkah penghematan tersebut bukan berarti meniadakan keinginan untuk membeli sesuatu. Jika sewaktu-waktu ingin membeli barang tertentu maka bisa dimasukkan dalam anggaran untuk kemudian anggaran terhadap barang lain dikurangi sehingga masih bisa menghemat. Demikian sedikit jurus untuk mencoba berhemat saat berbelanja. Bisa juga menerapkan jurus lain yang dirasa lebih efektif.