Inilah Kandungan dan Manfaat Buah Delima Yang Harus Anda Ketahui

Buah delima adalah salah satu buah yang terbilang cukup langka, dan biasanya buah ini merupakan salah satu buah yang import dari beberapa daerah yang memang memiliki iklim tropis.  Buah ini sendiri kalau sudah matang akan berwarna kuning, dan didalamnya sendiri terdapat biji kecil seperti biji jambu namun berwarna putih. Rasa dari biji buah delima manis asam. Memang buah ini cukup sulit untuk kitda dapatkan, namun biasanya ada beberapa orang yang memang sengaja untuk menanam buah delima. Cara mengkonsumsinya adalah dengan membuka terlebih dahulu kulit keras dari buah delima tersebut, barulah kita bisa memakan buah yang ada didalamnya.

Ternyata banyak orang yang tak tau manfaat buah delima ini ternyata ada begitu banyak sekali, dan tak hanya itu saja, buah ini pun biasanya seringkali dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai macam jenis penyakit dan juga kecantikan. Buah yang konon berasal dari timur tengah ini sendiri biasanya akan tumbuh subur di tanah yang gembur dan tidak memiliki banyak kandungan airnya. Ada 3 jenis buah delima ini, yaitu ada buah delima merah, buah delima putih dan yang terakhir adalah buah delima hijau.  Meskipun buah ini sendiri cukup langka dan memang sulit didapatkan seperti buah-buah populer lainnya, namun manfaat buah delima pun tak kalah dengan buah-buah populer yang lainnya. Hal tersebut dkarenakan buah delima ini memang mengandung nutrisi dan vitamin yang cukup melimpah didalamnya. Sehingga tak heran kalau manfaat buah delima juga ada banyak sekali, baik itu untuk kesehatan ataupun kecantikan.

Kandungan nutrisi buah delima

Lalu apasajakah berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat pada buah delima tersebut, sehingga buah ini memiliki banyak sekali manfaatnya, baik itu untuk manfaat kesehatan ataupun kecantikan. Berikut ini anda bisa menyimak beberapa dari kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada buah delima, diantaranya yaitu :

  • Mengandung antioksidan yang tinggi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Zat besi

Serta banyak lagi berbagai macam kandungan nutrisi ataupun vitamin yang terdapat pada buah delima ini.

Manfaat bagi kesehatan

Berikut ini kami akan mengulas mengenai beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan, diantaranya yaitu :

  • Menjaga kesehatan gigi

Manfaat buah delima untuk kesehatan yang pertama adalah bisa menjaga dan juga merawat kesehatan pada gigi anda. Karena didalam buah delima ini mengandung senyawa antibakteri dan juga antivirus yang bisa membantu untuk mengurangi plak pada gigi, dan juga membuat gigi menjadi lebih sehat dan juga kuat.

  • Menjaga kesehatan antung

Dengan mengkonsumsi jus dari buah delima secara rutin pun bisa juga membantu untuk menjaga kesehatan pada jantung anda. Bahkan hal tersebut sudah dilakukan penelitian pada tahun 2005 yang lalu, yaitu 45 pasien yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner selama 3 bulan mereka mengkonsumsi jus delima ini, membuat alirah darah yang menuju kejantung pun menjadi lebih lancar lagi. Serta mengurangi resiko terjadinya serangan jantung.

  • Mencegah kanker prostat

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang pria. Untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kanker prostat, anda  bisa mengkonsumsi secara rutin jus dari buah delima ini. Karena salah satu manfaat buah delima ini adalah membantu untuk memperlambat penyebaran sel kanker prostat pada pria.

  • Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus dari buah delima ini. Kandungan zat besi yang sangat tinggi pada buah delima sangat baik sekali untuk mengatasi gejala anemia, seperti sering merasa lelah, pusing dan yang lainnya.

  • Menyehatkan tulang

Buah delima ini bisa membantu utuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada tulang rawan, dan membuat tulang anda menjadi lebih sehat dan kuat, serta mencegah terjadinya penyakit Osteoarthritis..

  • Membantu menyembuhkan luka

Manfaat buah delima ini juga bisa membantu untuk meregenerasi sel-sel kulit yang ada di lapisan kulit epidermis dan juga dermis. Sehingga dengan mengkonsumsi jus dari buah delima ini, bisa membantu untuk semakin mempercepat lagi proses penyembuhan luka.

  • Mencegah terjadinya kanker kulit

Minyak dari biji buah delima pun sangat baik sekali untuk mencegah terjadinya kanker kulit, dan bisa melindungi kulit and adari sinar UV yang membahayakan.

Manfaat buah delima untuk kecantikan

Tentu saja manfaat buah delima pun tak hanya untuk kesehatan saja. Namun ada beberapa dari manfaat buah delima untuk kecantikan. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Awet muda

Kalau anda rutin mengkonsumsi jus dari buah delima ini, maka anda pun akan semakin terlihat awet muda. Karena memang salah satu manfaat buah delima untuk kecantikan ini adalah membantu proses penuaan dini, seperti mengurangi yang namanya keriput dan juga garis-garis halus yang ada dikulit wajah.

  • Mencegah jerawat

Ternyata buah delima pun memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya jerawat diwajah anda.  Kandungan vitamin c yang terdapat pada buah delima ini memang bisa membantu untuk mengatur produksi sebum, yang merupakan zat berminyak dan merupakan salah satu pemicu dari timbulnya jerawat.

  • Menurunkan berat badan

Untuk anda yang ingin memiliki tubuh langsing atau menurunkan berat badan, bisa mengkonsumsi secara rutin buah delima ini, yang merupakan salah satu buah-buahan sangat cocok sekali dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

  • Menyehatkan kulit

Manfaat buah delima bagi kecantikan yang berikutnya adalah menjaga dan menyehatkan kulit tubuh anda. Kandungan antioksidan yang timggi dan juga anti flamasi pada buah ini memang sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak kalah menariknya dengan manfaat bengkoang

  • Melembutkan kulit wajah

Kulit wajah anda juga akan lebih lembut dan juga halus dengan rutin mengkonsumsi buah delima. Karena memang buah delima ini bisa membantu untuk meningkatkan jumlah sel-sel  kulit, dan juga melindungi kulit bagian luar.

  • Mencerahkan kulit wajah

Sel-sel kulit mati pada wajah pun akan terangkat dengan mengkonsumsi buah delima ini. Karena buah delima pun bermanfaat untuk membuat kulit anda menjadi lebih cerah dan bersinar lagi.

Sebenarnya masih ada banyak lagi berbagai macam manfaat buah delima ini. Baik itu manfaat untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam jenis penyakit, atau dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan. Untuk mengkonsumsi dari buah delima ini pun bisa kita jadikan sebagai jus yang segar, namun anda juga bisa langsung mengkonsumsi buah delima yang sudah matang. Pastikan kalau yang anda konsumsi adalah buah delima yang memang sudah benar-benar matang. Karena kalau sampai anda mengkonsumsi buah delima yang belum matang, rasanya pun sepat dan tak enak. Beberapa info dan ulasan yang telah kami bagikan ini mengenai berbagai macam manfaat buah delima bagi kesehatan dan juga kecantikan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi anda.