Sulawesi Barat Wisata

Indahnya Pulau Pasir Putih di Sulawesi Barat

Polewali Mandar

Pulau Pasir Putih yang indah serta asri jadikan object wisata bahari di Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini juga sebagai salah satu pilihan favorite warga Polewali Mandar ataupun warga luar propinsi liburan selesai merayakan lebaran. Pasir putihnya yang indah, dan biota laut seperti terumbu karangnya jadikan salah satu daya pikat tempat ini.

Tidak heran bila tempat ini tidak cuma disukai orang-orang umum namun juga beberapa petinggi sering menggunakan saat berlibur berbarengan keluarga ditempat ini. Seperti apa Indahnya pulau pasir putih ini?

Polewali Mandar

Untuk meraih Pulau Pasir Putih ini, wisatawan meniti perjalanan sepanjang 30 menit dari kota Polewali Mandar. Setelah itu menuju pulau ini, beberapa wisatawan mesti memakai taksi atau kapal angkutan antar pulau. Dapat pula memakai kapal wisata yang dikelola dinas pariwisata serta warga setempat.

Cost sewa kapal meraih Rp 170. 000 untuk seputar 15 penumpang. Selama jalan dari kota Polewali Mandar menuju Pulau Pasir Putih serta demikian sebaliknya beberapa wisiatawan bakal melihat belasan gugusan pulau termasuk juga pulau-pulau perawan dengan kata lain tidak berpenghuni. Di seputar rute yang dilewati ke tempat wisata ini beberapa wisatawan bakal melihat Pulau Kucing. Konon pulau ini ditempati beberapa ratus kucing yang hidup dengan cara alamiah.

Seputar satu km. saat sebelum hingga ke Pulau Toraja, beberapa wisatawan bakal melihat pemandangan alam bawah laut yang indah. Di seputar tempat ini hidup ikan khas Mandar yang dimaksud warga ikan mandar. Tidak cuma itu terumbu karang yang cantik dan air laut yang bening semakin menaikkan keindahan bawah laut di seputar pulau dengan luas seputar 2 hektar ini.

Konon jaman dulu saat zaman penjajahan, Pulau Pasir Putih yang juga di kenal juga sebagai Pulau Toraja di Kecamatan Binuang ini jadi tempat persembunyian beberapa raja serta tokoh utama waktu hadapi penjajah. Ditempat ini beberapa gazebo serta tempat penginapan di bangun pemerintah untuk mempermudah warga saat bertandang atau menginap.

Salah satu kegiatan paling disukai warga yaitu membakar ikan fresh yang dibeli segera dari nelayan selesai berendam serta nikmati kesegaran laut di seputar pulau yang populer bakal keindahan pasir putih serta kebersihannya.

Mardatillah, salah satu wisatawan lokal menyampaikan setiap libur lebaran serta libur nasional dianya sering pilih berwisata ke tempat. “Pulau Pasir Putih dari dahulu jadi salah satu object wisata bahari andalan Polewali Mandar. Tempat ini menarik terkecuali lantaran keindahan pasir putihnya, juga lantaran tempat ini gampang dijangkau, ” katanya.

Pascalebaran, beberapa puluh kapal taksi antar pulau terlihat mondar-mandir membawa wisatawan ke tempat ini. Walau tidak menambah tarif angkutan tetapi beberapa yang memiliki taksi atau perahu dari beragam dermaga di Polewali Mandar ini mengakui mencapai keuntungan karena kunjungan wisatawan ke Pulau Pasir Putih selalu bertambah. Sayangnya object wisata bahari ini kurang dikelola dengan cara profesional. Walau sebenarnya potensinya luar umum untuk menarik kunjungan wisatawan.

You Might Also Like