Wisata

Go Green Hotel

images

imagesGo Green Hotel – Seruan untuk ramah lingkungan atau Go Green memang telah lama terdengar di mana mana. Bahkan gaungnya kini mulai merambah di berbagai bidangseprti desa go gree,sekolah go green dan banyak lagi. Salah satu yang teranyar dan mulai di geluti di Indonesia adalah Green Hotel. Beberapa hotel memang mulai menerapkan konsep ramah lingkungan dalam pembangunannya. Banyak orang yang percaya ketika sebuah hotel cinta pada ligkungannya maka otomatis mereka akan perhatian pada tamunya. Pada hotel hotel yang sudah terlanjur menggunakan bangunan bangunan tua memang akan kesulitan untuk menerapkan konsp Green Hotel karena material yang akan sangat sulit di ganti.

Sementara itu beberapa hotel malahan belum sadar untuk mulai menjadi Green Hotel dan turut menjaga lingkungan. Beberapa Hotel yang sudah masuk ke dalam sertifikasi Green Hotel adalah Hotel Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, Angsana Bintan, St. Regis Bali Resort, Melia Bali Villa dan Spa Resort, Dharmawangsa Jakarta, dan Hotel Grand Melia Jakarta.Beberapa hotel tersebut telah mendapat sertifikasi green hotel karena memang dibangun dengan konsep green hotel dan memenuhi standar green hotel. Bagaimana anda mengetahui sebuah hotel termasuk ramah lingkungan atau tidak? Berikut ini akan disediakan beberapa tips untuk mengetahui apakah hotel tersebut termasuk green hotel atau tidak.

Tanya

Jika anda ingin menginap di sebuah hotel yang memiliki konsep green hotel, maka ada baiknya anda mencari informasinya terlebih dahulu di internet. Atu jika anda sudah terlanjur menginap, maka anda dapat bertanya pada staff atau bahkan manager hotel tentang konsep ramah lingkungan yang sudah diterapkan di hotel dan apakah hotel ini sudah termasuk green hotel ataukah belum. Jika iya, maka tanyakan apasaja yang sudah dilakukan hotel untuk mendapatkan sertifikatnya dan jika belum tanyakan pula langkah langkah apa yang dilakukan hotel agar menjaga daerahnya tetap ramah lingkungan.

Reputasi

Beberapa hotel seperti yang telah disebutkan di atas memang sudah memiliki reputasi green hotel. Biasanya mereka memang sudah mengkonsepnya ejak awal saat akan membangun hotel. Mulai dari material yang digunakan, pengolahan limbah sampai pengolahan sampah sampah dan meminimalisir penggunaan plastik dan detergen. Green hotel memang merupakan konsep yang sangat ramah pada alam. Beberapa hotel ternama yang sudah termasuk dalam green hotel memang akan menghimbau kepada tamu untuk tidak mengganti handuk atau sprei setiap hari, karena hal ini akan berdampak pada detergen yang digunakan. Bahkan pada beberapa green hotel, air bekas mandi dan cuci, sudah diolah kembali menjadi air yang bersih dan digunakan untuk menyiram tanaman di taman hotel.

Bebas Rokok

Beberapa hotel dengan konsep green hotel memang menyediakan lantai lantai khusus bebas rook yang dapat digunakan oleh tamu untuk memesan kamar sesui keinginan mereka. Bahkan ada juga hotel yang menyediakan ruang khusus merokok dan melarang tamu hotel untuk meroko di sembarang ruangan. Hal ini tentunya akan sangat baik bagi kualitas udara di sekitar hotel serta baik pula bagi para tamu yang datang menginap.

Hemat energy

Pada beberapa hotel ternama, penerapan hemat energy di aplikasikan pada penggunaan jenis AC VRV yang akan secara otomatis mengatur suhu ruang sesi jumlah orang dan otomatis mati ketika ruangan kosong. Bahkan hotel hotel ternama menggunakan jenis lampu neon pijar untuk menghemat penggunaan listrik dan membudayakan kebiasaan hemat energy.  http://digarut.com/

You Might Also Like