5 Fasilitas Baru Wisata Gunung Papandayan Garut yang Harus Kamu Ketahui

fasilitas terbaru Gunung papandayan
Calendar is loading...

Baru-baru ini setelah taman wisata alam Gunung Papandayan dikelola oleh PT. Asri Indah Lestari tidak sedikit pengunjung yang mengeluh karena masalah tarip tiket yang dianggap mahal. Berdasarkan fakta dilapangan, benar sekali tarif tiket masuk sekarang jadi mahal jika dibandingkan dengan tarif sebelumnya, sehingga cukup banyak para pecinta hiking dan camping yang sebelumnya selalu menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit mereka, sekarang pada kecewa dan tidak pernah berkunjung lagi.

Tarif tiket masuk Gunung Papandayan saat ini adalah Rp. 30.000/ orang untuk pengunjung wisata. Sedangkan untuk pengunjng yang ingin melakukan aktivitas camping dikenakan tarif 35.000. Setiap pengunjung yang membawa kendaraan, kendaraan tersebetut dikenakan biaya tiket masuk juga dengan harga Rp. 35.000 untuk kendaraan roda empat, sedangkan roda dua Rp. 17.000. Uniknya, itu semua belum termasuk dengan biaya parkir. Parkir kendaraan dikenakan tarif Rp. 10.000/ 1 unit kendaraan. Apabila ditotalkan pengunjung 1 orang dengan 1 kendaraan roda dua saja harus mengeluarkan rupiah sekitar Rp. 57.000.

Mahalnya harga tiket masuk membuat sebagian orang bertanya-tanya tentang perubahan apa yang telah dilakukan oleh PT. Asri Indah Lestari sehingga tidak sedikit yang menganggap bahwa tarif diatas kurang rasional. Berikut dibawah ini adalah 5 fasilitas bari di TWA Gunung Papandayan yang harus kamu ketahui .

1. Kolam Rendam Air Panas
Sebelum dikelola oleh PT. Asri Indah Lestari, sebetulnya kolam rendam ini sudah ada namun masih menggunakan air dingin. hehehee.. Nah, sekarang dikembangkan lagi dengan penataan yang tentunya lebih baik dari sebelumnya. Sumber air dikolam ini berasal dari air kawah langsung (air belerang murni). Nampak jelas disamping pintu masuk ada plang besar yang menjelaskan tentang manfaat air belerang. Ini penampakannya.

Kolam Rendam Papandayan

Etss,,, masuk disini bayar lagi bro..!! Tarifnya adalah Rp. 25.000 untuk dewasa dan Anak-anak Rp. 15.000. keluar lagi duit deh :D. Tapi buat yang memiliki problem yang berhubungan dengan penyakit kulit, gak ada salahnya untuk dicoba dan siapa tahu manjur. Anggap saja sebagai ganti beli salep di apotik sambil wisata :D.

2. Cottage / Penginapan
Diperkirakan 2 bulan kedepan akan tersedia penginapan yang bisa pengunjung gunakan. Saat ini masih dalam tahap pembangunan. Belum ada bocoran tentang bwerapa harga sewa penginapan disini permalamnya. Yang jelas, menikmati sentuhan udara dingin Gunung Papandayan malam hari hingga 10 derajat celcius merupakan sebuah pengalaman tersendiri yang mungkin belum pernah kalian coba.

3. Taman seluas kurang lebih 5 hektar
Kalau dulu spot favorit-nya adalah rejeng dan kawah. Nah, sekarang ada fasilitas baru berupa taman dengan penataan yang cukup bagus. Tersedia fasilitas meja kursi dari batang kayu dan gajebo yang bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung. Beberapa tanaman khas Gunung Papandayan seperti Edelweiss, Pohon puspa dan Cantigi ada disini.

4. Menara Pandang
Fasilitas ini dulu memang ada disebelah seletan area parkir namun tidak sembarangan pengunjung bisa menikmatinya. Nah sekarang posisi Menara Pandang dipindahkan ke sebelah utara area parkir. Arsitektur menara pandang sekarang jauh lebih baik dan safety dari yang sebelumnya. Pengunjung bisa menggunakan fasilitas ini secara gratis.

5. Mesjid
Ini merupakan fasilitas yang sebelumnya tidak ada. Lokasinya berada di tempat pusat informasi yang dulu samping terminal atau lebih tepatnya lagi berdampingan dengan Kolam Rendam Air Panas.

Satu hal yang belum ada dari dulu sampai sekarang disini adalah jaringan telekomunikasi. Mau provider apapun dibawa tidak ada jaringan.!!! . Membawa telepon seluler kesini harus sama BTS-nya supaya jaringan tetap stabil. wkwk.

Itulah sedikit informasi mengenai Wisata Gunung Papandayan terbaru 2017. Kalau ada yang kurang, tolong tambahkan dikomentar. terimakasih.