Jakarta Wisata

Belajar Sambil Berwisata Di Museum Nasional Indonesia

Museum_Nasional_Indonesia

Jakarta merupakan sebuah kota metropolitan di Indonesia yang sedang maju pesat, dengan banyaknya perkembangan bisnis, industri, dan juga pembangunan. Saking pesatnya kota jakarta sering disebut kota dengan penuh kesibukan, namun dibalik kesibukan dari gedung perusahaan jakarta juga memiliki tempat wisata agar warganya bisa berakhir pekan bersama keluarga tercinta. Salah satu tempat wisata itu ialah Museum Nasional Indonesia atau sering disebut Museum Gajah, ialah sebuah museum pertama dan terbesar se-Asia Tenggara.

Museum Gajah terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum ini dulunya disumbangkan oleh J.C.M. Radermacher Ketua dari Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen. Beliau menyumbangkan gedung ini berserta koleksi buku dan benda-benda budaya yang nanti menjadi dasar untuk pendirian museum. Asal muasal disebut sebagai Museum gajah ini juga karena dahulu Museum ini dihadiahkannya patung gajah berbahan perunggu oleh Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871 yang kemudian dipasang di halaman depan museum.

Wisata-Museum-Nasional-Gajah-Jakarta2

Hingga kini Museum Nasional Indonesia memiliki 141.899 koleksi benda, yang terdiri atas 7 jenis koleksi yaitu prasejarah, arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi dan geografi. Terdapat satu benda yang menjadi daya tarik utama museum ini yaitu Patung Bhairawapatung dengan tinggi 414 cm. Patung ini adalah manifestasi dari Dewa Lokeswara atau Awalokiteswara, yang merupakan perwujudan Buddhisatwa (pancaran Buddha) di bumi. Patung ini berupa laki-laki yang sedang memegang cangkir tengkorak di tangan kirinya dan keris pendek dengan gaya Arab ditangan kanannya dan berdiri di atas mayat dan deretan tengkorak. Ditemukan di Padang Roco, Sumatra Barat, yang diperkirakan berasal dari abad ke 13-14.

Museum Nasional Indonesia buka hari selasa – Jum’at dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB, dan Sabtu – Minggu dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk hari senin dan hari besar nasional tutup. harga tiket masuk sangat murah meriah yaitu Rp 5.000/Dewasa dan Rp 2.000/Anak-anak, serta Rp 10.000/Pengunjung Asing. Bagi rombongan juga ada harga khusus yaitu Rp 3.000/Dewasa dan Rp 1.000/Anak-anak (TK s.d. SMA) namun minimum 1 rombongan berisi 20 orang.

You Might Also Like