Apa Yang Terjadi Jika Data Di Paspor Tidak Sesuai Dengan KTP

paspor

Ketika kita akan melakukan yang namanya perjalanan ke luar negeri. Tentu saja ada banyak hal yang harus dipersiapkan, tak hanya sekedar menyiapkan untuk membeli tiket pesawat saja, namun anda juga tentu harus menyiapkan dokument yang lainnya juga. Salah satunya adalah anda terlebih dahulu harus memiliki paspor. Karena memang paspor ini sangat penting sekali fungsi ataupun manfaatnya. Dimana paspor sendiri merupakan dokument resmi yang di keluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara, dan di dalam paspor tersebut memuat identitas dari pemegangnya, dan juga berlaku ketika akan digunakan untuk melakukan perjalanan antarnegara. Ibaratnya paspor ini menjadi identitas kita akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Tentu saja kalau anda tidak memiliki paspor, maka untuk menjalani perjalanan ke luar negerti pun akan mengalami kesulitan.

Untuk membuat paspor sendiri tidaklah terlalu rumit. Asalkan anda sudah mengetahui syarat membuat paspor. Berikut beberapa dari persyaratan dalam pembuatan paspor, diantaranya yaitu :

  • Membawa kartu tanda penduduk yang masih berlaku, untuk saat ini adalah E-ktp atau surat keterangan untuk pindah ke luar negeri.
  • Membawa kartu keluarga
  • Membawa akte kelahiran, buku nikah, surat baptis atau ijazah terakhir
  • Bagi karyawan bisa membawa surat rekomendasik untuk pembuatan paspor dari tempat mereka bekerja.
  • Materai 6000

Jika semua berkas atau dokument sudah disiapkan maka anda pun bisa langsung datang ke kantor imigrasi terdekat yang ada di kota ataupun tempat tinggal anda. Berikut adalah prosesnya:

  • Ke pusat informasi untuk mengambil nomor antrian. Karena setiap harinya permohonan untuk membuat paspor hanya dibatasi sebanyak 200 orang perhari, maka sebaiknya anda datang kekantor imigrasi pada pagi hari atau sebelum ham 12 siang.
  • Isilah formulir yang sudah disedikan dengan lengkap
  • Kemudian anda bisa menunggu sampai nomor antrian dipanggil
  • Nantinya anda akan melewati yang namanya sesi pengambilan sidik jari, foto dan juga wawancara
  • Untuk sesi wawancara sebaiknya anda menjawa jujur setiap pertanyaan yang diajukan. Karena hasil wawancara tersebut nantinya akan mempengaruhi izin dari pembuatan paspor tersebut.
  • Jika sudah melakukan sesi wawancara, sidik jari dan juga foto anda bisa langsung membayar nota pembayaran. Biasanya pembayaran di lakukan pada beberapa bank. Seperti Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BCA dan yang lainnya
  • Nantinya bukti pembayaran tersebut bisa anda bawa saat akan pengambilan paspor. Biasanya paspor akan jadi sekitar 5 hari kerja setelah anda melakukan transaksi pembayaran.

Lantas bagaimanakah dengan biaya dari pembuatan paspor tersebut. Untuk masalah biayanya sendiri anda bisa menyimak infonya dibawah ini :

  • Biaya untuk pembuatan paspor 48 halaman Rp.300.000
  • Biaya untuk penggantian paspor 48 halaman yang rusak Rp.300.000
  • Biaya untuk penggantian paspor 48 halaman yang hilang Rp.600.000
  • Biaya untuk pembuatan e-passport 48 halaman Rp.600.000
  • Biaya untuk penggantian e-passport 48 halaman yang rusak Rp.350.000
  • Biaya untuk penggantian e-passpor 48 halaman yang hilang Rp.800.000
  • Biaya untuk pembuatan paspor 24 halaman Rp.100.000
  • Biaya untuk penggantian paspor 24 halaman yang rusak Rp.100.000
  • Biaya untuk penggantian paspor 24 halaman yang hilang Rp.200.000
  • Biaya untuk jasa penggunaan tekhnologi sistem penerbitan paspor berbasir biometerik Rp.55.000.

Biaya-biaya diatas memang sewaktu-waktu dapat berubah kapan saja. Jadi anda memang harus terus mengupdate informasinya. Lantas Apa Yang Terjadi Jika Data Di Paspor Tidak Sesuai Dengan KTP. Seperti nama kita yang salah, atau tanggal lahirnya yang salah. Apakah paspor tersebut tetap bisa kita gunakan untuk melakukan bepergian keluar negeri. Mungkin banyak orang yang pernah mengalami hal tersebut. Dimana data atau informasi yang mereka miliki di paspor berbeda dengan yang ada di KTP.

Memang kasus seperti ini bukanlah kasus yang baru lagi, namun tenang saja dan tidak perlu merasa panik. Meskipun untuk mengurus masalah ini terbilang cukup rumit. Karena memang nantinya akan ada beberapa prosedur  yang harus anda lalui. Seperti anda harus mengurus dokument atau berkas ke Dirjen dan juga membawa surat dari pengadilan,  yang menyatakan kalau memang benar nama anda benar seperti yang ada di dokument. Selain itu juga anda harus membutuhkan yang namanya dokument tambahan lain, yaitu surat keterangan lurah, yang nantinya akan memberikan klarifikasi mengenai kesalahan atau perbedaan data tersebut. Kemudian anda bisa langsung mendaftarkan saja data yang benar ke bagian imigrasi untuk nantinya dicantumkan pada paspor anda. Jadi anda tidak perlu panik lagi dan membayangkan Apa Yang Terjadi Jika Data Di Paspor Tidak Sesuai Dengan KTP.

Untuk itu memang sebaiknya anda mengurus saja sendiri pembuatan paspor dengan cara datang saja langsung ke kantor imigrasi. Sehingga anda pun bisa langsung mengchek sendiri kelengkapan dari berkas-berkas ataupun dokument yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor tersebut. Terlebih lagi biaya yang nantinya harus dikeluarkan lebih terjangkau ketimbang anda menggunakan jasa calo ataupun biro jasa, yang bisa 2 kali lipat besarnya. Meskipun memang jika kita menggunakan calo atau biro jasa tidak perlu ribet mengurusnya. Seperti mengantri yang cukup panjang dan yang lainnya. Namun tentu saja keputusan ada ditangan anda. Apakah ingin mengurus sendiri pembuatan paspor tersebut yang tentu saja anda harus meluangkan waktu, atau justru hanya mengandalkan jasa pembuatann paspor saja dan harus siap untuk merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

Sebenarnya untuk membuat paspor sendiri tidaklah terlalu rumit. Asalkan anda memang sudah mengetahui mengenai prosedurnya. Karena kalau anda sudah mengetahui prosedurnya maka membuat paspor ini pun menjadi mudah untuk dilakukan. Yang terpenting jangan lupa untuk menyiapkan berkas atau berbagai macam dokument yang dibutuhkan, dan jangan sampai ada yang tertinggal. Ingat anda juga harus membawa dokument yang asli dan juga fotocopy. Jangan sampai anda harus kembali lagi hanya untuk mengambil berkas yang tertinggal.

Selain itu juga sebaiknya saat anda akan membuat paspor, untuk menggunakan pakaian yang rapih. Karena nantinya anda akan melakukan yang namanya sesi foto. Pastinya anda tidak ingin kalau poto yang ada di paspor kurang oke karena penampilan yang kurang maksimal. Kemudian jangan lupa untuk menjawab semua pertanyaan saat sesi wawancara dengan jujur. Karena jawabannya anda juga yang menentukan pemberian izin pembuatan paspor tersebut. Biasanya beberapa pertanyaan yang akan di ajukan saat sesi wawancara seperti tujuan anda untuk membuat paspor, negara yang akan di tuju dan banyak lagi yang lainnya. Jika semua prosedur dan persyaratan dalam pembuatan paspor sudah anda pahami, tentunya anda pun tidak perlu bingung lagi untuk membuat paspor. Jadi kalau ingin bepergian ke luar negeri, segeralah untuk membuat paspor.